28.4 C
Indonesia
Jumat, Oktober 7, 2022
spot_img

Imbauan bagi Pemudik, Bisa Gunakan Jalur Alternatif Selain Tol

Puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi berlangsung Jumat (29/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022). Sejumlah ruas jalan tol, khususnya tol Trans-Jawa yang menghubungkan tiga provinsi tujuan mudik paling dominan, ramai dipadati pengendara sejak beberapa hari lalu. Kasatlantas Polres Semarang Rendi Johan Prasetyo mengimbau para pemudik yang baru akan memulai perjalanan untuk dapat memanfaatkan jalur alternatif selain tol jika ingin menghindari kepadatan di jalan maupun rest area. “Imbauan kepada teman-teman yang mudik dari Jakarta, banyak alternatif sekarang, tidak harus menggunakan jalur tol. Bisa menggunakan arteri, bisa jalur selatan, ya sambil jalan-jalan lah,” kata Rendi kepada Kompas.com di Rest Area Km 429 A, Jumat (29/4/2022). Baca juga: Kondisi Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Lumajang Saat Mudik 2022 Ia menambahkan, tidak masalah jika pemudik tetap ingin melalui jalan tol, asalkan tetap sabar dan mengikuti peraturan yang berlaku. “Kalau tol sudah pasti seperti ini risikonya. Akan ada perlambatan, orang mau ke SPBU, makan di rest area. Enggak apa-apa, asal disikapi dengan sabar. Jangan kebut-kebutan, kecepatan sesuai yang aturan yang disarankan,” imbuhnya. Pesan untuk para pemudik Selain itu, ia juga memberikan beberapa pesan kepada masyarakat yang baru akan melakukan perjalan mudik. Di antaranya, menyiapkan kendaraan dalam kondisi prima sehingga tidak terjadi hambatan yang berasal dari mesin. Kemudian, ia mengimbau agar para pemudik memenuhi bahan bakar minyak (BBM) sesuai perkiraan jarak perjalanan.

“Lalu biar lebih aman dan nyaman juga, sebaiknya bawa makanan sendiri. Selain itu, jaga kesehatan, istirahat yang cukup sebelum berangkat, serta berdoa di perjalanan,” pesan Rendi.

dalam hasil survei yang dilakukan oleh Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) tentang potensi pemudik pada mudik Lebaran 2022, ada tiga provinsi yang akan menjadi tujuan mudik paling dominan.

Fasilitas di rest area jalan tol Pihak Rendi juga telah menyediakan sejumlah fasilitas layanan di rest area. Beberapa di antaranya adalah pos pelayanan vaksin dan booster, fasilitas pemantauan arus mudik, monitor CCTV tol Trans-Jawa, posko BPPD, posko BPJS, dan tempat istirahat. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa lonjakan kendaraan di kala puncak arus mudik Lebaran tahun ini memang sudah dipastikan terjadi. Namun, kata Rendi, untuk kondisi ruas tol Solo-Semarang pada hari Jumat (29/4/2022), jumlah pengendara lebih menurun dibandingkan Kamis (28/4/2022). Selain itu, meski sejumlah rest area di ruas jalan tol Solo-Semarang dipadati pemudik, kondisi jalan tol relatif ramai lancar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,518PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles