Ketua DPRD Prov Sumsel, Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., menjadi Keynote Speaker dalam Kegiatan SSDN Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVII Tahun 2024

Berita76 Dilihat
banner 468x60

Palembang,kabarekspres.com—Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., menjadi Keynote Speaker pada Kegiatan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVII Tahun 2024 Lemhannas RI, di Auditorium Bina Praja Pemprov. Sumsel.  Senin (10/6/2024)

Dr..Hj.RA.Anita Noeringhati dalam pemaparannya menekankan pentingnya kerjasama antara lembaga legislatif dan eksekutif dalam menciptakan kebijakan yang berkelanjutan.

banner 336x280

“Kita harus bersinergi untuk menghadapi tantangan masa depan, terutama dalam pembangunan daerah yang berkelanjutan,” ujarnya di hadapan para peserta yang merupakan pejabat dari berbagai instansi Pemerintah dan swasta.

Kegiatan SSDN Lemhannas ini bertujuan untuk memberikan wawasan strategis kepada para peserta mengenai isu-isu nasional dan regional. Selain itu, program ini juga menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan antar instansi, guna memperkuat sinergi dalam pembangunan nasional.

Dr.Hj.RA.Anita Noeringhati SH MH juga menyampaikan bahwa partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat termasuk lembaga pendidikan dan organisasi kemasyarakatan sangat diperlukan.

“Peran serta semua pihak sangat vital dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan”ucapnya.

Sementara itu pejabat gubernur Sumatera Selatan Agus Fathoni memaparkan secara ringkas mengenai gambaran umum Provinsi Sumatera Selatan capaian indikator mikro dan program prioritas Provinsi Sumatera Selatan kepada tim Studi Strategi Dalam Negeri (SSDN).

Program reguler angkatan (PPRA)LXVII pada tahun 2024 Lemhanas RI. Merupakan praktek kegiatan lapangan berupa kunjungan studi dengan orientasi peningkatan kemampuan analisis terhadap berbagai masalah di daerah yang dikunjungi.

Pj.Gubernur Sumsel juga mengatakan Provinsi Sumatera Selatan memiliki luas 86.771,68 km².Dengan memiliki administrasi wilayah yang terdiri dari 13 kabupaten 4 Kota 241 Kecamatan 3289 kelurahan jumlah penduduk provinsi Sumatera Selatan sebanyak 88 13 243 jiwa.

Lebih jauh Pj.Gubernur mengungkapkan berbagai program prioritas provinsi Sumatera Selatan tahun 2024 antara lain penanganan bencana banjir kebakaran hutan dan lahan puting beliung dan juga tanah longsor.

“Sejumlah upaya lain yang telah dilakukan profesi Sumatera Selatan dengan menjalankan berbagai gerakan serentak guna menyatukan seluruh potensi yang ada di Sumatera Selatan meliputi gerakan pengendalian inflasi,gerakan pasar murah serentak se Sumsel kemudian gerakan bedah rumah serentak se sumsel sebanyak 8391 unit dan gerakan pembangunan sanitasi serentak se Sumsel sejumlah 6811 unit”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dalam sambutannya menyatakan bahwa SSDN merupakan bagian dari upaya Lemhannas untuk mencetak pemimpin-pemimpin yang memiliki wawasan kebangsaan dan kemampuan strategi yang mumpuni.

“Kita ingin membentuk pemimpin yang tidak hanya paham teori, tetapi juga mampu menerapkannya dalam praktik pemerintahan sehari-hari,” jelasnya.

Program SSDN Lemhannas diharapkan dapat menjadi platform bagi para peserta untuk menggali pengetahuan serta membangun jaringan yang kuat antar sesama pejabat negara. Dengan demikian, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik dan implementasi kebijakan di berbagai sektor.

Selain diskusi dan pemaparan materi, kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pembicara, yang dijawab dengan penuh antusias oleh Dr. Anita Noeringhati dan para narasumber lainnya.

Dengan tema besar “Membangun Sinergi untuk Pembangunan Berkelanjutan,” kegiatan ini berhasil menarik perhatian berbagai kalangan, mulai dari akademisi, birokrat, hingga praktisi.

(EN/KE)

banner 336x280