32.4 C
Indonesia
Senin, September 25, 2023
spot_img

Ketua DPRD Prov Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., Hadiri Hari Jadi PT. Bukit Asam (PTBA)Tbk ke 42

Palembang, kabarekspres.com-Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., Menghadiri Perayaan Hari Ulang Tahun PT. Bukit Asam Tbk yang ke-42 dengan tema “Raise Beyond the Limits” sebagai harapan menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Sebaguna PT. Bukit Asam Tanjung Enim.¬† Kamis (02/03/2023)

Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail mengatakan makna dari tema tersebut agar perusahaan bisa melewati batas-batas yang ada,. Perusahaan energi pelat merah ini diharapkan bisa keluar dari paradigma bisnis yang selama ini nyaman dan hanya fokus pada bisnis eksisting.

“Kini sudah saatnya PTBA memiliki terobosan-terobosan untuk bisa mencapai visi jangka panjang melalui upaya transformasi yang saat ini sedang kita jalankan,” ujar Arsal dalam keterangan tertulis, Kamis (2/3/2023).

Dia mengharapkan seluruh Insan Bukit Asam dapat semakin solid dan tangguh dalam beradaptasi menghadapi tantangan baru, berkolaborasi memaksimalkan setiap peluang yang ada dan melesat melampaui batas.

PTBA nantinya bukan lagi perusahaan yang hanya berfokus pada penjualan batu bara, tapi sudah lebih dari itu. Kita akan masuk ke bisnis yang benar-benar berbeda dari selama ini, yakni hilirisasi batu bara, dan energi baru dan terbarukan, serta manajemen karbon,” jelasnya.

Bukit Asam dalam HUT ke 42 ini menyalurkan sejumlah bantuan dan menggelar kegiatan-kegiatan sosial. Di antaranya adalah operasi katarak gratis untuk 40 penerima manfaat di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat, pemberian bantuan kaki palsu untuk 15 penerima manfaat di Kabupaten Muara Enim.

Kemudian, dilakukan juga khitanan massal untuk 500 anak di 5 wilayah, yaitu Kecamatan Tanjung Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Merapi Barat, dan Kecamatan Merapi Timur.

Selain itu, program bedah rumah dilaksanakan sebagai upaya menciptakan hunian yang layak, aman, dan tangguh. Tercatat, sebanyak 4 unit rumah mendapatkan perbaikan. Lokasinya di Kelurahan Tanjung Enim, Kelurahan Tanjung Enim Selatan, Desa Darmo, dan Desa Tanjung Raja.

Rangkaian acara HUT ke-42 PTBA juga dimeriahkan oleh Bazar UMKM di GOR Berangau. Sebanyak 57 UMKM turut serta dalam bazar ini.

Dalam HUT ke-42 ini pula, Bukit Asam ini diwarnai oleh berbagai capaian positif. Perusahaan berhasil mencetak kinerja positif pada 2022. Per Kuartal III tahun 2022, Perusahaan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 10,0 triliun. Laba bersih tersebut merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah Bukit Asam.

Tidak hanya itu, Bukit Asam juga terus melakukan transformasi dan diversifikasi bisnis untuk menghadapi tantangan ke depan. Salah satu program Bukit Asam untuk mewujudkan visi tersebut adalah hilirisasi coal to DME.

“Selain merupakan sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan, implementasi DME akan mengurangi impor LPG serta memperbaiki neraca dagang Indonesia,” tutur Arsal.

Di samping itu, Bukit Asam memiliki sejumlah lahan bekas tambang yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), seperti lahan pasca tambang Ombilin di Sumatera Barat seluas 201 hektar (ha), dan di Tanjung Enim seluas 224 ha.

Potensi PLTS di masing-masing lahan tersebut, lanjut Arsal, mencapai 200 Megawatt (MW). Ada juga lahan pasca tambang Bantuan seluas 30 ha di Kalimantan Timur dengan potensi 30 MW.

Bukit Asam belum lama ini juga menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di lokasi operasional Semen Indonesia Group (SIG), PT Timah Tbk, dan jalan tol Jasa Marga Group. PTBA juga menjajaki pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dengan China Huadian Corporation (EN/KE)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,870PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles