Ketua DPRD Prov Sumsel Menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Peringatan ke-53 Hari Jadi Kota Palembang ke-1341 Tahun 2024

Berita79 Dilihat
banner 468x60

Palembang,kabarekspres.com—Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., Hadiri Rapat Paripurna Istimewa Peringatan ke-53 Hari Jadi Kota Palembang yang ke-1341 Tahun 2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang.  Minggu (16/6/2024)

Selain Ketua DPRD Prov Sumsel,Hadir pula Pj Gubernur Sumsel Fatoni, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn dan segenap unsur Forkopimda yang ada di Kota Palembang.

banner 336x280

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn berharap dengan Hari Jadi Kota Palembang yang ke 1341 tahun 2024 , ini Palembang semakin maju terutama dalam bidang adat dan budaya.

“ Karena kemarin oleh Pemerintah Kota Palembang muatan lokal bebaso Palembang sudah mulai di masukkan sebagai mata ajaran , mudah-mudahan akan semakin membentuk karakter dan juga jiwa bangsa Palembang yang mencintai akan budaya dan adat Palembang Darussalam,” kata SMB IV didampingi Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, , Dato’ Pangeran Suryo Febri Irwansyah , Dato’ Pangeran Suryo Kemas Ari Panji, Pangeran Yudo Heri Mastari.

Sedangkan menjelang tahun politik tahun 2024 , SMB IV berharap Palembang mendapatkan pemimpin yang amanah dan juga bisa mengetahui kebutuhan –kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Palembang.

“ Dimana kita juga sangat membutuhkan peningkatan pada adat istiadat dan budaya di Palembang yang kita rasa masih kurang sehingga dengan meningkatkan budaya kita ini bisa menarik orang-orang supaya datang ke Palembang karena Palembang memiliki ciri khas yang unik daripada daerah lainnya,” katanya.

Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin mengungkapkan semua pihak harus bersinergi dalam pembangunan Kota Palembang serta mewujudkan visi dan misi demi kesejahteraan masyarakat Palembang.

“Saya ucapkan selamat HUT ke-1341 untuk kota Palembang yang kita cintai bersama,” katanya.

Zainal menjelaskan, Palembang adalah Kota terbesar kedua di Sumatera setelah kota Medan, kota Palembang memiliki luas wilayah 369 km² secara administrasi terbagi 18 Kecamatan dan 17 Kelurahan.

“Sejarah kota Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan Bahari Budha terbesar di Asia tenggara kota ini dikenal dengan julukan bumi Sriwijaya ulang tahun kota Palembang pada tahun ini jatuh pada hari Senin 17 Juni 2024 bertepatan dengan hari raya kurban. Ini merupakan momen yang cukup tepat merefleksikan perjalanan hidup baik prestasi dan harapan yang ingin diraih pemerintah kota Palembang,” katanya.

Menurut Zainal, memasuki usia ke-1341 tahun tentunya usia tersebut merupakan waktu yang sangat panjang, oleh karena itu sinergi dari semua pihak dalam membangun Kota Palembang dan merealisasikan visi serta misi pembangunan, adalah hal yang sangat penting.

“Keberhasilan yang telah dicapai agar terus dipertahankan dan ditingkatkan, sedangkan program-program yang belum tercapai adalah merupakan tanggung jawab kita bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkannya,” katanya.

Sementara, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa menyampaikan banyak capaian yang sudah di capai Kota Palembang di usia ke-1341 Tahun 2024 ini.

Ratu Dewa mengatakan untuk mendorong kemajuan perekonomian baik secara nasional maupun di daerah, tidaklah cukup hanya mengandalkan investasi dari pemerintah melainkan juga sektor swasta harus diberikan peran yang lebih besar dalam berinvestasi di Kota Palembang.

“Hingga saat ini, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Kota Palembang mencapai 9,2 persen,” katanya.

Angka tersebut, lanjut Ratu Dewa menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya tumbuh sebesar 5,25 persen.

Pj Gubernur Sumsel H Fatoni berharap pada HUT Palembang ke-1341, apa yang diinginkan masyarakat Kota Palembang dapat teralisasi dan sejahtera.

“Harapan saya, cita-cita masyarakat Palembang agar terwujud dengan bukti nyata. Salah satunya saya melihat angka IPM meningkat, dan ini Ibu Kota Provinsi Sumsel sehingga menjadi displaynya Sumsel,” katanya.

Agus Fatoni mengaku pihaknya telah memberikan bantuan pembangunan Infrastruktur melalui (Bangubsus) pada APBD Tahun 2024 senilai Rp88 Miliar di hari jadi Kota Palembang yang ke 1341 Tahun 2024.

“Palembang tentu menjadi display Provinsi Sumsel. Baik Palembang tentu wajah Provinsi juga baik. Dengan ini kita harap cita-cita masyarakat Palembang yang tertuang dalam RPJMD Palembang Emas Darussalam terwujud dan semakin sejahtera. Apalagi ditambah bantuan infrastruktur Rp 88 miliar melalui Bangubsus,” katanya.

Agus Fatoni juga mengungkapkan bahwa saat ini semua elemen masyarakat di Sumsel harus bersinergi.

” Alhamdulilah angka penurunan angka stunting kita terbesar di Indonesia. Ini Pemprov tidak bisa bekerja sendiri semua bersinergi termasuk ibu-ibu. Maka dari itu Saya ajak ibu-ibu marilah kita siapkan generasi berkualitas menyambut bonus demografi dua dekade mendatang,” katanya,

(EN/KE)

banner 336x280