25.5 C
Indonesia
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

Ketua DPRD Prov Sumsel,Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., Hadiri Opening Ceremony POPNAS 2023

Palembang,kabarekspres.com—Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., Menghadiri Acara Opening Ceremony Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Bapak Ario Bimo Nandito Ariotedjo, SH., di PSCC Palembang. Minggu (27/08/2023)

Dalam sambutannya Menpora Dito mengatakan awalnya pelaksaan POPNAS XVI akan dilaksanakan di  2 provinsi dengan 29 cabor. Namun salah satu provinsi mengundurkan diri. 

“Awalnya Popnas diselenggarakan di  2 provinsi dengan 29 cabang olahraga. Namun, di tengah perjalanan salah satu provinsi memutuskan mundur. Namun meski demikian, Sumsel menolak ikut mundur dan tetap berkomitmen untuk tetap maju sebagai tuan rumah tunggal penyelenggara Popnas dengan 22 cabang olahraga,” kata Menpora Dito.

Dalam kesempatan ini pula, Menpora Dito memberikan apresiasi kepada beberapa provinsi yang mengirimkan banyak atletnya. “Saya juga ingin mengapresiasi 3 provinsi sebagai pengirim atlet terbanyak yakni Sumatra Selatan 371 atlet, Jawa Barat 368 atlet, DKI Jakarta 349 atlet,” tambahnya

Kegiatan ini mengangkat tema ‘Berprestasi untuk Negeri’.

Rangkaian opening ceremony even olahraga dimulai sekitar pukul 19.35 WIB. Diawal ditampilkan tarian-tarian penyambutan khas Sumsel, kemudian dilanjutkan dengan tarian-tarian nusantara, kemudian pemutaran video cinematic POPNAS XVI di layar lebar dengan diiringi musik rancak dan permainan lampu led yang menawan.

Untuk diketahui POPNAS XVI digelar dari tanggal 26 Agustus hingga 3 September 2023, dihadiri 10.737 orang. Diikuti peserta dari 34 provinsi di Indonesia dengan mempertandingkan 22 cabang olahraga (atletik, angkat besi, balap sepeda, bola basket, voli indoor, bulutangkis, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, sepak bola, taekwondo, tenis, tinju, wushu) dan 335 nomor pertandingan. 

Dari 22 cabor itu didalamnya terdapat 14 cabor unggulan DBON diantaranya atletik, senam, taekwondo, pencak silat, renang, sepakbola, menembak, wushu, karate, bola basket, panahan, dan beberapa cabor non unggulan DBON seperti sepak takraw, tinju dan voli pasir. 11 cabor diantaranya digelar Jakabaring Sport Center.

Turut hadir dalam acara tersebut selain Gubernur Sumsel H.Herman Deru dan Ketua DPRD Prov Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati adalah Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dwijayanto Sarosa Putera, Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono, Asdep Standardisasi, Akreditasi, Sertifikasi Sarpras Olahraga Anwar, Asdep Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Bayu Rahadian, Asdep Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Aziz Ariyanto serta Kadispora Provinsi Sumsel Rudi Irawan.

(EN/KE)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles