Pimpinan DPRD Prov Sumsel Hadiri Launching Pilgub dan Wagub Tahun 2024 yang Digelar KPU Sumsel

Berita39 Dilihat
banner 468x60

Palembang,kabarekspres.com-Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Dr. Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., Bersama Wakil Ketua DPRD, H.M. Giri Ramanda N. Kiemas, SE., MM., dan H. Muchendi Mahzareki, SE., M.Si., serta Anggota DPRD, Raden Gempita, SH., Hadiri Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan di Halaman KPU Prov. Sumsel.  Minggu (5/5/2024)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) resmi melaunching Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur periode 2024-2029 yang serentak akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

banner 336x280

Hal tersebut dikemukakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari didampingi PJ Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni dan Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya,  Minggu (5/5) malam di halaman kantor KPU Sumsel, Jakabaring, Palembang.

Selain Ketua dan beberapa Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel  hadir pula Pj.Gubernur Sumatera Selatan,Agus Fatoni,Kapolda Sumsel Irjen A Rachmat Wibowo, Pangdam II Sriwijaya Mayjen Moh Naudi  Nurdika dan para undangan lainnya.

Pj Gubernur Sumsel,Agus Fatoni, mengatakan, peluncuran ini merupakan tanda dimulainya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Sumsel. Ini juga pertanda komitmen bersama semua pihak dalam rangka menyukseskan agenda demokrasi serentak 2024.

 “Saya berharap masyarakat Sumsel dapat menggunakan hak pilihnya dan mudah-mudahan partisipasi masyarakat melebihi pilpres dan pileg,” ujar dia. Fatoni juga mengajak seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga iklim yang di Sumsel yang selama ini kondusif.Ini berkat kebersamaan, kekompakan dan komitmen menjalankan pesta demokrasi dengan baik. Mudah-mudahan sukses pemilu kemarin akan terulang pada pilkada. Kita pertahankan Sumsel zero conflict,” katanya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengungkapkan, KPU merupakan lembaga pusat yang menyelenggarakan Pemilihan Umum dimana launching ini sebagai penanda akan diselenggarakannya Pemilihan Gubernur 2024.

“Ini pengalaman pertama kali Pilkada serentak dilaksanakan semua di 37 provinsi se- Indonesia kecuali provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sedangkan untuk kabupaten Kota serentak juga dilakukan Pilkada di 508 dari 514 Kabupaten Kota,” katanya.

Untuk Pemilihan Gubenur dan Wagub di Sumsel tahapannya bersamaan dengan yang lain.

“Kita sudah melaksanakan rekrutmen PPK. Dari 241 kecamatan di Sumsel besok tes tertulis. Selanjutnya rekruitmen calon PPS. Petugas disiapkan pada bagian awal karena untuk membantu kegiatan pemilihan umum,” kata Hasyim.

Masyarakat bisa berpartisipasi dalam menyukseskan pilkada dengan menjadi PPS.

Ketua KPU Provinsi Sumsel, Andika Pranata Jaya, mengatakan launching Pemilihan Gubenur dan Wagub 2024 di Sumsel ini merupakan peristiwa penting.

“Seremoni ini jadi penanda dimulainya tahapan pilkada serentak di Sumsel.. Di mana nanti 27 November 2024 merupakan hari H pencoblosan,” katanya.

Acara KPU Sumsel tersebut diakhiri dengan menghadirkan kelompok band Indonesia , Padi Reborn menandai dimulainya Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur periode 2024-2029 yang serentak akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

(EN/KE)

banner 336x280